Halaman

Minggu, 19 Maret 2023

Kim Nas community sebagai inspirator organisasi plat merah

KULONPROGO-Kelompok  Informasi Masyarakat (KIM) Nyi Ageng Serang (NAS) Community Taruban Kulon Kalurahan Tuksono Sentolo berhasil menginisiasi lahirnya beberapa organisasi dalam beberapa tahun terakhir. 

Ketua KIM NAS Zazin Sulaiman sejumlah organisasi yang berhasil dibentuk yaitu Bank Sampah Seruni, Taman Baca Masyarakat (TBM), Kelompok Taruna Tani, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Seruni, Kelompok Seni Dhiba, dan UMKM angkringan. "Organisasi yang terbentuk tersebut seluruhnya ada pembinaan dari organisasi perangkat daerah seperti Bank Sampah di bawah pembinaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo," kata Zazin Sulaiman, Minggu 19 Maret 2023.

Organisasi yang diinisiasi KIM NAS dikelola anak muda Tuksono. Pengembangan organisasi KIM NAS terbilang mampu bersinergi dan mendapatkan sejumlah fasilitas untuk mendukung kegiatan mereka. Zazin mencontohkan Bank Sampah Seruni di bawah binaan DLH Kulonprogo mendapat bantuan mesin pencacah daun jati dan chopper dari IST akprind yogyakarta  mesin pencacah dedaunan untuk pembuatan fermentasi pakan ternak kering. KIM dengan 40-an anggota aktif itu juga mendapat fasilitas koneksi WiFi dari Dinas Kominfo DIY.

"Kegiatan lain tiap tiga bulan sekali rutin mengadakan donor darah. Diikuti semua anggota. Kegiatan lain saat ini tengah menyosialisasikan soal pembayaran digital melalui QRIS kepada pelaku UMKM menuju UMKM Go Digital kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wates," imbuhnya.

Menurut Zazin, pihaknya juga membimbing pelaku UMKM untuk memasukkan produk ke E Katalog. Dengan sederet kegiatan dan program yang dijalankan KIM NAS terbilang berprestasi. Berturut-turut 2020-2022 meraih tiga besar KIM Award yang diikuti KIM se-Kulonprogo. "KIM Award yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan  Informatika Kulonprogo, pada 2020 kami Juara 2, pada 2021 dapat juara 2 dan pada KIM Award 2022 meraih juara 3," tandas Zazin yang juga Ketua KIM Kulonprogo  dengan anggota 37 KIM. 

Saat ditanya perihal keikutsertaannya pada Sekolah Jurnalisme Desa (SJD) I yang diselenggarakan wiradesa.co di Padepokan Kilen Lepen 11-12 Maret 2023, Zazin mengaku sangat terkesan. "Jadi tahu bagaimana cara  membuat liputan meski jujur masih canggung untuk menulis berita. Tapi dengan materi yang diberikan sangat terinspirasi untuk segera bikin berita. Sementara Ini sudah dibuktikan dengan pembuatan blog dusun bekerjasama dengan Institut Sains Teknologi (IST) Akprind Jogja," pungkasnya. *(Sukron)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sejarah kim nas community

#kimnascommunity