Halaman

Senin, 05 Februari 2024

TBM Seruni untuk Literasi

Kulon Progo :Taman bacaan masyarakat Seruni Taruban Kulon, Tuksono,Sentolo menerima bantuan hibah seperangkat komputer dari IST Akprind Yogyakarta, belum lama ini. Perwakilan TBM Seruni Zazin Sulaiman mengatakan, bantuan hibah peralatan komputer guna mendukung program kampung digital di wilayahnya.


“Pengembangan kampung digital kami mulai dari TBM. Bantuan ini sekaligus untuk melanjutkan program terdahulu dan melengkapi fasilitas yang sudah ada berupa wifi area dan pojok baca dengan koleksi sekitar 500 buku,” kata Zazin, Senin 5 Februari 2024.

Pemanfaatan fasilitas komputer dan akses jaringan internet diantaranya untuk membantu para pelaku usaha UMKM setempat untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB), mendukung program smart village, pembelajaran online bagi anak-anak dan remaja seperti pembelajaran dan simulasi mengikuti ujian online. “Di UMKM sekarang tengah disosialisasikan pengurusan sertifikasi halal gratis sampai Oktober 2024. Keberadaan komputer dan sarana akses internet tentu sangat membantu kami dalam menginput berbagai data UMKM dalam mengurus sertifikat halal dan NIB,” imbuhnya.

Kampung digital di Taruban Kulon dirancang sudah cukup lama. Pada 2021 mendapat fasilitas wifi gratis dari Dinas Kominfo DIY sampai saat ini. “Untuk target yang akan kami perjuangkan berikutnya berupa pembuatan taman edukasi. Kebutuhan peralatan yang masih kami upayakan yakni proyektor untuk sosialisasi ke masyarakat dan satu unit printer buat cetak data,” pungkasnya. (Sukron)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sejarah kim nas community

#kimnascommunity